KEDAI KOPI, USAHA YANG SEDANG NAIK DAUN (UTS)

Nama: Winda Islamiati Herman 

NIM: A310170211 

Kelas: 7B 

Awalnya minuman kopi hanya diminati oleh kalangan orang tua tetapi saat ini kalangan muda seakan tidak mau kalah dengan membuat inovasi baru agar kopi bisa disenangi oleh semua kalangan baik tua maupun muda. Saat ini kopi merupakan gaya hidup maka dari itu tidak sedikit orang yang menginvestasikan uangnya dengan membuka usaha kedai kopi. Usaha kedai kopi memang merupakan usaha yang relatif mudah dijalankan. Apalagi sekarang jenis kopi semakin beragam. Meski modalnya tidak terlalu besar, namun potensi pembeli yang tak kunjung habis membuat bisnis kedai kopi menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Selain dilengkapi dengan fasilitas wifi, setiap kedai kopi biasanya mempunyai desain tempat  yang ciri khas sehingga membuat pengunjungnya terkesan. Banyak keuntungan yang dihasilkan dengam membuka kedai kopi

Disekitar kampus UMS kini bermunculan kedai kopi, mayoritas pengunjungnya adalah anak muda atau bisa dikatakan mahasiswa. Selain menjadi pengunjung, tak jarang ada mahasiswa yang menyambi kerja paruh waktu menjadi barista di kedai kopi. Beberapa dari mereka memilih mengerjakan tugas, mengadakan rapat, dan membahas program kerja di kedai kopi. “Karena jika ngerjain tugas di kedai kopi bisa lebih fokus, sambil wifi-an, dan minum kopi. Sekalian hunting kedai kopi yang cozy.” Ujar Indah, mahasiswi. Salah satu alasannya adalah mencari suasana baru, dengan begitu  ide-ide baru pun akan muncul.

   

Gambar diatas merupakan potret suasana dan menu di kedai kopi yang ada sekitaran kampus UMS. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk membuat kedai kopi tetap diminati bukan hanya menjadi sekedar booming, pemilik kedai kopi harus memiki konsep yang unik. Pertama, kedai kopi harus mempunyai menu andalan sebaiknya menyediakan menu selain menu kopi sehingga orang-orang yang tidak begitu menyukai kopi tetap bisa merasakan vibe nongkrong di kedai kopi, kedua, pemilik kedai kopi sebaiknya membuat desain interior yang senyaman mungkin, dan kedai kopi harus memiliki ciri khas (bisa berupa menu yang tidak ada ditempat lain), memberikan potongan harga kepada pengunjung, mempromosikan kedai kopi di sosial media seperti instagram karena pada saat ini sosial media sangat berpengaruh besar dalam mempromosikan sesuatu. Dengan begitu pengunjung pasti akan datang  kembali bukan hanya sekedar melepas rasa penasaran.

Comments