KEDAI KOPI, USAHA YANG SEDANG NAIK DAUN (UTS)
Nama: Winda Islamiati Herman
NIM: A310170211
Kelas: 7B
Awalnya minuman kopi hanya diminati oleh
kalangan orang tua tetapi saat ini kalangan muda seakan tidak mau kalah dengan
membuat inovasi baru agar kopi bisa disenangi oleh semua kalangan baik tua
maupun muda. Saat ini kopi merupakan gaya hidup maka dari itu tidak sedikit
orang yang menginvestasikan uangnya dengan membuka usaha kedai kopi. Usaha kedai
kopi memang merupakan usaha yang relatif mudah dijalankan. Apalagi sekarang
jenis kopi semakin beragam. Meski modalnya tidak terlalu besar, namun potensi pembeli
yang tak kunjung habis membuat bisnis kedai kopi menghasilkan keuntungan yang
cukup besar. Selain dilengkapi dengan fasilitas wifi, setiap kedai kopi
biasanya mempunyai desain tempat yang ciri khas sehingga membuat pengunjungnya
terkesan. Banyak keuntungan yang dihasilkan dengam membuka kedai kopi
Disekitar kampus UMS kini bermunculan kedai
kopi, mayoritas pengunjungnya adalah anak muda atau bisa dikatakan mahasiswa. Selain
menjadi pengunjung, tak jarang ada mahasiswa yang menyambi kerja paruh waktu
menjadi barista di kedai kopi. Beberapa dari mereka memilih mengerjakan tugas, mengadakan
rapat, dan membahas program kerja di kedai kopi. “Karena jika ngerjain tugas di
kedai kopi bisa lebih fokus, sambil wifi-an, dan minum kopi. Sekalian hunting kedai kopi yang cozy.” Ujar Indah, mahasiswi. Salah satu
alasannya adalah mencari suasana baru, dengan begitu ide-ide baru pun akan muncul.
Gambar diatas merupakan potret suasana dan menu di kedai kopi yang ada sekitaran kampus UMS. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk membuat kedai kopi tetap diminati bukan hanya menjadi sekedar booming, pemilik kedai kopi harus memiki konsep yang unik. Pertama, kedai kopi harus mempunyai menu andalan sebaiknya menyediakan menu selain menu kopi sehingga orang-orang yang tidak begitu menyukai kopi tetap bisa merasakan vibe nongkrong di kedai kopi, kedua, pemilik kedai kopi sebaiknya membuat desain interior yang senyaman mungkin, dan kedai kopi harus memiliki ciri khas (bisa berupa menu yang tidak ada ditempat lain), memberikan potongan harga kepada pengunjung, mempromosikan kedai kopi di sosial media seperti instagram karena pada saat ini sosial media sangat berpengaruh besar dalam mempromosikan sesuatu. Dengan begitu pengunjung pasti akan datang kembali bukan hanya sekedar melepas rasa penasaran.
Comments
Post a Comment