B_A310170211_Winda Islamiati Herman_Profesi Jurnalistik

Nama: Winda Islamiati Herman
Mata Kuliah: Jurnalistik
NIM: A310170211
Pengampu: Syifaul Arifin
Hari/Tanggal: Rabu, 15 Juli 2020
Sesi: 3



PEMBELAJARAN  VIA DARING                
                                                                             
                                                                                                                          
Pada era globalisasi seperti ini, masyarakat menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaannya. Dengan adanya teknologi yang canggih, pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Sebelum Masa Perkuliahan Daring
Sebelum adanya virus yang mewabah ini, masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Sebagai mahasiswa, saya sehari-hari pergi ke kampus untuk mengikuti perkuliahan secara tatap muka. Saya sangat senang menjalani aktivitas saya sebagai mahasiswa yang sudah hampir memasuki tingkat akhir. Tetapi hal lain membuat saya untuk berhenti sejenak melakukan aktivitas yng biasa saya lakukan. Terhitung sejak akhir bulan Maret, pemerintah melarang masyarakat untuk melakukan aktivitas yang membuat adanya kerumunan masa. Oleh karena itu pihak kampus melaksanakan pembelajaran secara daring yang dapat dilakukan dirumah masing-masing individu.   


Pelaksanaan Perkuliahan Daring
Terhitung sejak akhir bulan Maret, pemerintah menerapkan pembelajaran dan perkuliahan secara daring. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir bertambahnya angka positif covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia. Pembelajaran via daring dilakukan dengan menggunakan beberapa platform seperti zoom, google meet, dan juga whatsapp. Kami menggunakan platform tersebut untuk berdiskusi dengan dosen, melakukan presentasi, dan kegiatan-kegiatan lain yang biasa kami lakukan secara tatap muka hanya sekarang kami terbatas oleh jarak dan layar ponsel saja. Pada saat perkuliahan daring hal yang biasa dilakukan oleh dosen adalah menyampaikan tujuan pembelajaran, memantau kegiatan mahasiswa, menyampaikan materi, memfasilitasi diskursus maksudnya ialah bagian pengajaran berikutnya adalah proses diskursus alias tanya jawab. Untuk mengilustrasikan bagian ini, saya akan melanjutkan cerita penyampaian konten pembelajaran tadi. Setelah saya menyalin dan menempel jawaban dua mahasiswa ke grup WhatsApp, kemudian saya meminta dua mahasiswa yang bersangkutan untuk mengelaborasi jawabannya tersebut. Hal ini dimaksudkan agar kedua mahasiswa tersebut dapat berlatih bernalar untuk meyakinkan teman-temannya terhadap jawabannya. Setelah itu, secara spesifik saya menunjuk beberapa mahasiswa untuk menanggapi elaborasi dua temannya tadi, kemudian membuat rangkuman dan memberikan tindak lanjut atau evaluasi. Pada awal penerapan pembelajaran secara daring kami merasa canggung dan selain terasa berbeda dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebelumnya, kami dituntut untuk tidak gaptek dalam menggunakan alat-alat yang mendukung.
Pada saat pelaksanan perkuliahan secara daring ini banyak sekali hambatan yang terjadi salah satunya adalah sinyal yang tidak stabil. Hal ini sangat menyulitkan kami untuk mengikuti kuliah online. Selain itu, saya ingat betul ketika dosen kami memberikan tugas pengganti secara mendadak dan lain-lain. Kejadian ini membuat kami menjadi lebih sering berdiskusi dan aktif menggunakan grup obrolan. Bukan hanya itu, ada pula dosen yang semenjak diterapkannya pembelajaran secara daring ini menghilang tanpa kabar. Kami sebagai mahasiswa pun bingung, tetapi kami menjadi lebih aktif mencari jurnal dan membaca buku. Ini merupan pengalaman yang sangat tidak terlupakan bagi kami karena kami harus mengikuti perkuliahan daring ini sampai waktu yang tidak bisa ditentukan nanti.

Selain itu, menurut pengalaman saya sebagai mahasiswa yang harus mengikuti perkuliahan secara daring, hal ini sangat sulit bagi saya. Saya harus belajar mandiri memahami materi yang diberikan oleh dosen pembimbing. Tak jarang ada dosen yang hanya memberikan tugas tanpa menjelaskan tentang materi tersebut. Saya dan rekan-rekan menjadi lebih aktif menggunakan grup obrolan untuk berbincang mengenai tugas. Ditambah lagi terkadang terjadi misscomunication antara dosen dan mahasiswa. Kami yang belum terbiasa menggunakan pembelajaran secara daring pun merasa bahwa ini sangat asing.

            Gambar diatas merupakan potret pelaksaan perkuliahan daring yang saya ambil menggunakan kamera ponsel saya. Gambar ini diambil pada saat saya mengikuti perkuliahan daring mata kuliah Stilistika.

Suka dan Duka Pelaksanaan Perkuliahan Daring
Banyak sekali suka dan duka yang didapatkan dalam mengikuti pembelajaran secara daring ini. Sukanya siswa menjadi lebih santai, lebih punya waktu banyak dirumah dengan keluarga, bahkan siswa merasa dirinya lebih rileks dan senang, dan juga durasi perkuliahan yang dilaksanakan menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Selain itu dukanya adalah siswa sulit memahami apa yang disampaikan oleh guru, kegiatan sosial dengan teman-teman pun menjadi berkurang. Hal lain yang sangat sering dikeluhkan oleh para pelajar dan mahasiswa adalah boros nya kuota internet yang terpakai untuk mengikuti pembelajaran via daring dan juga mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan dosen. Akan tetapi, sehubungan dengan banyaknya yang mengeluhkan hal ini pihak kampus memberikan keringan berupa cashback pembayaran kuliah. Dengan adanya ini, saya sebagai mahasiswa menjadi sangat terbantu.
Selain itu saya sangat merindukan kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dikampus yaitu rapat dan berinteraksi dengan teman-teman. Bahkan tak jarang kami bertukar pendapat. Tidak disangka, melaksanakan perkuliahan secara tatap muka menjadi hal yang saya rindukan pada saat ini. Saya berharap  semoga kami dapat melaksanakan perkuliahan secara tatap muka seperti sedia kali lagi seceepatnya.
Tetapi, hubungan dengan belum adanya pengumuman kapan pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka, kami akan terus melakukan pembelajaran via daring dirumah. Harapan untuk kedepannya semoga pembelajaran via daring dapat terlaksana dengan baik dan guru memberikan sesi tanya jawab di akhir pembelajaran. Guru juga harus menekankan bagian mana saja yang dirasa kurang dipahami. Selain itu guru bisa menggunggah video pembelajaran di laman seperti youtube agar siswa dapat mengulang materi yang disampaikan oleh guru.

Comments